Review Game Wuxia Bertema Jin Yong


 Beberapa bulan ini saya ada mengetes beberapa game mobile bertema Wuxia dan Xianxia, totalnya ada empat biji, dua bertema Jin Yong, dua lagi tidak. Jadi akan membagi review menjadi dua bagian, yang pertama bertema Jin Yong dulu.

Kung Fu Survival 


Game mobile yang satu ini mempunyai genre action, memiliki gaya permainan seperti game ular (snake) zaman Nokia dulu. Jadi para pendekarnya berbaris seperti anak TK membentuk ular panjang, terus menghindar serangan kroco-kroco musuh dan bos.

Selain menghindar, setiap pendekar memiliki serangan tembakan berbeda untuk menyerang pasukan musuh yang jumlahnya banyak. Kemudian juga setiap pendekar memiliki kelompok afiliasi yang berbeda, jika menggunakan beberapa pendekar yang tergabung dalam satu kelompok afiliasi, maka akan mendapat bonus kemampuan yang lebih kuat untuk membantu kita dalam menyelesaikan misi.

Seperti contoh Dongfang Bubai, Linghu Chong, dan Duan Yu memiliki afiliasi yang sama yaitu Assassin, jika menggunakan ketiganya dalam pasukan kita, akan mendapat bonus tambahan peluang 15% serangan Critical muncul, yang mampu memberikan 3x lipat damage.

Jumlah pendekar dalam pasukan "Barisan Ular" kita pada awalnya dikit, tetapi seiring berjalannya waktu akan berkembang menjadi sampai 10 pendekar.

Pilihan pendekar ada: 

Dongfang Bubai, Dugu Qiubai, Qiao Feng, Xuzhu, Sweeper Monk, Guo Jing, Huang Rong, Yang Guo, LIttle Dragon Maiden (Xiao Long Nv / bibi Lung), Zhang Wuji, Zhang Sanfeng, Linghu Chong, Fang Zheng,Feng Qingyang, Duan Yu, Ding Chunqiu, Murong Bo, Xiao Yuanshan, Abbot Kurong, Wang Chongyang, Zhou Botong, Ouyang Feng, Xie Xun, Abbess Miejue, Yang Xiao, Shi Potian, Li Xunhuan, Ren Woxing, Ren Yingying, Tianshan Tonglao, Xiao Yaozi, Jiumozhi, Huang Yaoshi, Hong Qigong, Jinlun Guoshi, Guo Xiang, Wei Yixiao, Daiqisi, Zhou Zhiruo, Fan Yao, Wang Yuyan, Yang Dingtian, Xuanming, Yan Nantian, Zuo Lengchan, Xiang Wentian, Li Qiushui, Murong Fu, Duan Zhixing, Yin Tianzheng, Xiaozhao, Wei Xiaobao.

Entah kenapa ada Li Xinhuan, mungkin pembuat gamenya lagi mabuk.

Game ini sangat sederhana dan gampang dipelajari, mementingkan strategi dalam kombinasi pendekar dan skill (jurus tembakan) yang cocok untuk menyelesaikan misi.

Menurutku game ini sangat membosankan, jadi setelah main beberapa minggu, akan mudah merasa bosan dengan cepat, apalagi tidak ada unsur wuxianya, selain peminjaman nama tokoh dan karakter dari novel Jin Yong. Cuma ada tembak-tembakan kayak senjata dan menghindari seperti game ular. Kurang menarik.

Bisa dimainkan secara gratis tanpa perlu top-up, tetapi jika mau main sebagai F2P (pemain gratisan) dan tiap hari mau mendapatkan bonus-bonus Free-nya seperti tambahan stamina, dan beberapa jenis gatcha, harus lihat video iklan. Jadi setiap hari harus menonton iklan video bisa sampe belasan kali jika mau maksimal.

Jadi saya rasa pendapatan utama dari pengembang game ini bukan dari top-up pemain, tetapi dari iklan.

Nilai untuk game ini versi saya adalah 3.5 dari 10.

Jin Yong: The Book And Sword


Yang kedua ini lebih menarik dari yang pertama, memiliki genre game kartu TCG (trading card game). Dan mengambil tema dari novel pertama Jin Yong yang berjudul The Book and The Sword (pedang dan kitab suci).

Setelah beberapa saat bermain, saya melihat ini sebenarnya ada potensi untuk menjadi game yang bagus. Karena benar-benar menarik seperti game sejenis lainnya yang TCG jika kalian pernah memainkannya. Dengan tokoh-tokoh pendekar dari The Book and The Sword sebagai kartunya.

Sayangnya sang pembuat game tidak serius membuatnya, jadi sejak dirilis cuma pernah sekali update, sangat-sangat lambat progressnya (kemajuannya). Sangat banyak bug yang terdapat pada game ini, dan biarpun pernah sekali rilis update, itu belum memperbaiki semua bug-nya, beberapa cukup kritis sehingga menganggu permainan.

Nampaknya pembuat game ini bukan perusahaan, melainkan cuma satu orang programmer, solo gitu buatnya, sehingga sangat lambat perkembangannya.

Padahal saya sudah merasa semangat dan tertarik dalam menyusun deck kartu impian saya. Bicara soal deck kartu, satu deck terdiri dari 12 kartu saja, jadi permainan ini sangat cepat, total hanya ada 6 ronde giliran.

Gameplay (aturan permainan) ini adalah pada board dibagi menjadi 3 lokasi, untuk menang harus menguasai minimal 2 lokasi, cara menguasai lokasi adalah dengan melihat poin siapa yang lebih tinggi. Jadi penetapan dalam penyebaran kartu pendekar kita sangat penting.

Jumlah jenis kartu yang hadir menurut pembuat game ada lebih dari 100 kartu, tetapi tentunya tidak semua adalah kartu pendekar. Pastinya tokoh pendekar utama seperti Chen Jialuo, Huo Qingtong, Kasili (putri harum), bahkan kaisar Qianlong hadir disini.

Nilai untuk game ini versi saya adalah 7 dari 10. Jika tidak ada bug yang menganggu, mungkin akan bernilai tinggi dan layak dimainkan dalam jangka waktu lama.





Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url