Review Dashing Youth: Drama Wuxia yang Penuh Aksi dan Emosi

3 main heroes of drama Dashing Youth. source: Youku

 Cerita-silat.net - Dashing Youth adalah serial drama China bergenre Wuxia dengan tambahan sedikit elemen fantasi yang dirilis oleh Youku pada tanggal 19 Juli 2024. Drama Dashing Youth merupakan prekuel (cerita sebelum) dari cerita The Blood of Youth yang pernah tayang tahun 2022 lalu.

Drama The Blood of Youth diklaim sangat sukses hasilnya karena dengan budget kecil tanpa aktor kelas A tetapi bisa mencapai kesuksesan yang besar. Tidak heran Youku memproduksi drama yang terkait dengan cerita ini, tetapi kali ini dengan budget (anggaran) yang lebih besar.

Dashing Youth masih sama dengan The Blood of Youth, merupakan adaptasi dari novel karangan Zhou Munan. Berkisah tentang kejadian sekitar 20 tahun sebelum cerita kejadian The Blood of Youth, saat para pendekar senior ternama di cerita The Blood of Youth masih merintis karir awal di dunia persilatan.

Dashing Youth dianggap sebagai salah satu dari Trilogi The Blood of Youth. 

Poster Dashing Youth

Saya akan mengulas sedikit cerita awal Dashing Youth dengan menonton episode 1. Kira-kira apakah akan sebagus The Blood of Youth? apakah layak untuk ditonton? perlu diingat saya menyukai cerita The Blood of Youth.


Lihat pula: Sinopsis Dashing Youth 



Review Drama Dashing Youth

8 Tuan Muda Beili

Sinopsis singkat cerita Drama Dashing Youth berkisah tentang seorang pemuda bernama Baili Dongjun yang memiliki impian untuk menjadi pembuat dan penyuling arak terbaik di dunia, dan mengalahkan arak embun Qiulu di kota Tianqi. Dengan membuka kedai arak di kota Chaisang, tetapi tanpa sengaja ikut terlibat dalam perebutan kekuasaan wilayah jalur barat daya antara keluarga Yan dan keluarga Gu, yang kemudian berkembang lagi ke masalah konflik yang lebih besar  yang melibatkan politik negeri Bei Li.

Prologue di episode 1 sangat penting, berikut isinya; 15 tahun lalu, negeri Que Utara dan Chu Barat mengalami pembantaian berturut-turut oleh kerajaan Bei Li. Wilayah kekuasaan mereka jatuh menjadi bagian dari Bei Li. Sebagian rakyat Que Utara pindah ke utara membangun kembali kekuatan di luar lapisan es, berdiam di sekte Tianwaitian, dan berniat membangkitkan kembali negara, sedangkan rakyat Chu Barat sepenuhnya bergabung dengan Bei Li. (catatan: Juga ada negeri NanJue yang kalah perang melawan Bei Li, tetapi tidak sampai musnah)

Keluarga Yan yang dulunya adalah klan besar di Chu Barat bersaing dengan keluarga Gu yang berasal dari Bei Li dalam memperebutkan wilayah jalur barat daya Bei Li. Keduanya adalah kekuatan terbesar jalur barat daya Bei Li. Sampai dengan tahun ke-15 Taihe, Gu Luoli yang merupakan kepala dari keluarga Gu, mendadak meninggal dunia di kota Ba Bie, perebutan posisi ketua di jalur barat daya pun dimulai.

Selagi keluarga Gu tidak ada ketua, Yan Bietian sebagai ketua keluarga Yan ingin memaksa Gu Jianmen, tuan muda ke-2 dan adik dari Gu Luoli untuk menjalin hubungan pernikahan. Kekacauan segera muncul, setiap pihak siap berpihak. 

Itu sekilas prologue cerita yang kelihatannya sangat menarik. 

Alur cerita episode 1, berkisah tentang tokoh utama Baili Dongjun membuka kedai arak bernama Donggui di kota Chaisang, tepatnya di jalan Longshou. Sudah 13 hari dia pindah ke kota kecil ini dan membuka toko, awalnya dia pikir kota Chaisang ramai, tetapi ternyata sepi, ga ada satu pun pelanggan yang datang.

Dia memiliki pelayan restoran, yang merupakan seorang pendekar berpengalaman dan sering berkelana, tetapi sementara menetap di kota itu dan bekerja dengannya sebagai pelayan restoran. Nama pendekar yang menjadi pelayan adalah Sikong Changfeng, seorang ahli beladiri senjata tombak. Jadi boleh dibilang jodoh mereka bertemu di restoran kedai arak ini.

Jalan Longshou di kota Chaisang ini selalu sepi, dan selain kedai araknya, hanya ada 4 pedagang kecil di luar. Ternyata diketahui bahwa jalanan itu memang sengaja dibersihkan oleh keluarga Yan, jadi tersisa hanya ada 1 restoran milik Baili Dongjun yang barusan dibuka karena dia tidak tahu kondisi sana.

Yan Bietian pun berusaha menghabisi mereka dan menutup kedai ini, agar mengosongkan jalanan menjadi tempat kekuasaan dia. Mau tidak mau, kedua pemuda ini pun mencari musuh keluarga Yan, yaitu Gu Jianmen dari keluarga Gu. Masalahnya, Gu Jianmen sendiri pun tidak berdaya dipaksa menjalin hubungan pernikahan. Kedua tokoh utama kita pun akhirnya ikut terlibat dalam konflik dua keluarga dalam memperebutkan wilayah jalur barat daya.

Kesimpulan saya, drama ini sangat menjanjikan, dari episode pertama saja terkesan luar biasa jalan ceritanya. Efek CGI pun sempurna benar-benar bagus dan terlihat memiliki budget tinggi, jadi CGI efek nya jauh upgrade lebih baik dari The Blood of Youth. Alur ceritanya tersusun dengan rapi. Ini adalah drama Wuxia dengan sedikit elemen fantasi (xianxia) yang banyak aksi dan pertarungan. Sangat direkomendasikan untuk yang ingin menonton drama kostum China dengan banyak aksi bertarung.

Saya akan update terus halaman ini dengan lebih detail dan lengkap. 

Drama Terkait dalam The Blood of Youth Universe

  1. The Blood of Youth (2022)
  2. Dashing Youth (2024)
  3. The Legend of Dark River / An He Zhuan (TBA)
  4. The Blood of Youth season 2 (TBA)
  5. Trilogy Movies of The Blood of Youth (TBA)

Karya-karya Zhou Munan

  1. The Young White Horse Drunken in the Spring Breeze (Dashing Youth)
  2. Jun Youyun (cerita jauh sebelum trilogi, sekitar 100+ tahun)
  3. Legend / Tales of the Dark River (An He Zhuan)
  4. Since I Met You (ga berkaitan)
  5. Sword, Flower and Sword (ga berkaitan)
  6. The Blood of Youth (Youth Song / Shao Nian Ge Xing / Song of Adolescence)
  7. Kunlun Past Song (ga berkaitan)
  8. The Young White Horse Drunken in the Spring Breeze: The Battle of the Eastern Expedition

Tokoh Penting

Artikel utama: Tokoh Dashing Youth

Kaitan / Hubungan antar Tokoh


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url