Kesan Menonton The Legend of Heroes 2024


 Cerita-silat.net - 'The Legend of Heroes' merupakan drama Wuxia China yang diadaptasi dari novel The Legend of the Condor Heroes karya Jin Yong (Chin Yung), dirilis pada tanggal 17 Juni 2024 di Tencent WeTV. Total terdapat 60 episodes yang dibagi menjadi 5 bagian cerita, dan semuanya diproduksi oleh sutradara berbeda. Judul Indonesia resmi dari drama ini adalah Legenda Pahlawan.

Perilisan ini juga bertepatan dengan 100 tahun kelahiran Jin Yong pada tahun 2024 ini, yang merupakan pengarang asli cerita silat Pendekar Pemanawah Rajawali. Untuk menonton episode 1, bisa langsung ke situs WeTV, dan akan rilis tiap hari jam 17:00 sore.

Pembagian 5 bagian cerita ini kayaknya pada awalnya untuk melewati peraturan badan penyiaran Tiongkok yang mana maksimal jumlah episode untuk sebuah drama adalah 30 episode. Tetapi juga tentunya sesuai dengan kreativitas produser drama ini yang ingin menampilkan sesuatu yang berbeda, mengingat serial drama ini sudah diremake sebanyak 9x dalam bentuk serial drama.

Lima bagian cerita tersebut adalah:

  • Tie Xie Dan Xin (铁血丹心) alias Iron Blood, Loyal Heart (Darah Besi, Hati Setia) = produser Yang Lei. Bercerita tentang Guo Jing (kwee ceng) dan Huang Rong (oey yong). Paling banyak jumlah episodenya. Ada 30 episode.
  • Dong Xie Xi Du (东邪西毒) alias Sesat Timur, Racun Barat = produser Xu Bing, aktor pemeran Gao Wei Guang, Zhou Yi Wei. Bercerita tentang Huang Yaoshi (oey yok-su) dan Ouyang Feng (Auw Yang-hong). Judul lain adalah Ashes of Time. Ada 8 episode. 
  • Nan Di Bei Qi (南帝北丐) alias Kaisar Selatan, Pengemis Utara = produser Deng Ke. Berkisah tentang masa-masa pengunduran diri dari Kaisar Dali untuk menjadi biksu, dan disaksikan oleh Hong Qigong (ang cit-kong). Ada 8 episode.
  • Jiu Yin Zhen Jing (九阴真经) alias Kitab 9-Yin = produser Wen De Guang. Ceritanya mungkin mirip dengan film terdahulu yang tentang pulau persik dan Mei Chaofeng mencuri kitab 9-Yin. Ada 8 episode.
  • Hua Shan Lun Jian (华山论剑) alias Turnamen Pedang Huashan = produser Cao Dun. Bercerita tentang turnamen Huashan yang pertama yang pemenangnya akan mendapat kitab 9-Yin, dengan peserta lima pendekar terkuat saat itu. Ada 6 episode.

Aktor dan Artis Pemeran

Sedangkan untuk casting artis dan aktornya ada :
  • Ci Sha sebagai Guo Jing (Kwee Ceng)
  • Bao Shang’en sebagai Huang Rong (Oey Yong)
  • Wang Hongyi sebagai Yang Kang
  • Huang Yi sebagai Mu Nianci
  • Una You Jingru sebagai Yinggu
  • Tian Lei sebagai Zhou Botong (bocah tua nakal)
  • Zhāng Zhìhào sebagai Ouyang Ke
  • Zhao Zheng sebagai Wanyan Honglie
  • Vengo Gao Weiguang sebagai Ouyang Feng
  • Zhou Yiwei sebagai Huang Yaoshi (sesat timur)
  • Chen Duling sebagai Feng Heng (istri Huang Yaoshi)
  • Meng Ziyi sebagai Mei Chaofeng
  • Ming Dao sebagai Hong Qigong
  • Peter Ho sebagai Duan Zhixing

Sinopsis dan Kesan Pribadi


Bagian cerita pertama adalah tentang cerita utama Guo Jing dan Huang Rong, ini cukup mengejutkan saya, mengingat 4 bagian cerita lainnya yang spin-off secara lini waktu (timeline) adalah sebelum era cerita Guo Jing dan Huang Rong, jadi secara logika harusnya ini lebih tepat dibagian paling belakang, tapi nyatanya produser menempatkan bagian cerita ini yang pertama, mungkin agar tidak kehilangan momen. Langsung saja ya berikut kesan dan sinopsis singkat dari episode 1:

Bagian awal cerita langsung fast-forward (dipercepat dan dipersingkat), jadi menit ke-20 saja sudah langsung Guo Jing ke Jiangnan untuk melakukan pertarungan dengan Yang Kang sesuai perjanjian antara 7 orang aneh Jiangnan dan Qiu Chuji.

Kisah masa kecil Guo Jing dan berlatih ilmu hanya diperlihatkan dalam waktu singkat, untuk orang yang sudah mengenal cerita The Legend of the Condor Heroes, tentu ini sangat bagus, tetapi saya kurang tahu bagi yang belum tahu sama sekali ceritanya, apakah akan mengerti?

Jadi beberapa tokoh sudah tidak ada lagi seperti Huazheng (putri Genghis Khan), Jebe, dll. Episode 1 awal cuma ada muncul To Lui, Dushi, Ma Yu, 7 orang aneh Jiangnan, Mei Chaofeng, Chen Xuanfeng, Huang Rong.

Ada penambahan adegan di sini, yaitu pertarungan antara 6 orang aneh Jiangnan, Guo Jing, dan Mayu melawan Mei Chaofeng yang buta. Yang berakhir Guo Jing menusuk pedang ke tubuh Mei Chaofeng. Terlihat Tim Guo Jing yang 8 orang sedikit di atas angin, dan Mei Chaofeng kabur. Ga tau jika beneren bertarung berdasarkan kekuatan edisi novel, apakah mereka bisa mengalahkan Mei Chaofeng, rasanya tidak.

Ada yang lucu pada si kelelawar buta Ke Zhen'e di versi drama ini, dia memberikan nasihat kepada Guo Jing sebelum berangkat ke Jiangnan (tepatnya di restoran di Jiaxing) pada tgl 24 Maret, nasihatnya adalah: "Jika tidak bisa mengalahkan musuh, Kabur!".

Setelah sampai di Jiangnan, seperti cerita original, bertemu Huang Rong di restoran yang di mana Guo Jing basa-basi bertanya Huang Rong orang mana karena aksennya beda dengan orang Jiangnan, dan mengatakan bahwa aksennya agak familiar lebih mirip ibunya berasal dari Lin'an, Zhejiang, sedangkan gurunya dari Zuojin, Jiaxing. Yang pasti lebih kurang sama sampai Huang Rong terharu Guo Jing begitu baik memberikan uang, traktir makanan, baju musim dingin, dan kuda merah.

Kemudian cerita lanjut ke kontes mencari jodoh, Wanyan Kang dan Mu Nianci. Di sini juga sama semua dengan cerita original, kecuali Yang Tiexin (yang menggunakan nama samaran Mu Yi), di adaptasi serial drama ini saat bertarung dengan Wanyan Kang (Yang Kang), dia dihajar oleh Wanyan Kang sampai babak belur, ilmu mereka sangat jauh levelnya. Di novel tidak sampai segitu, cuma sebentar beberapa jurus doank dan Yang Tiexin tangannya terluka terkena cakar.

Sebelum Guo Jing campur tangan, sudah bersambung di episode 2.

Menurut saya ceritanya sih menarik termasuk perubahannya, belum tahu apakah akan bisa sebagus versi tahun 2017, tetapi dengan jumlah yang hanya 30 episodes (mengingat 30 episode lainnya adalah spin-off), saya rasa agak sulit mengalahkan yang versi 2017, karena ceritanya terburu-buru.

Mei Chaofeng yang diperanin oleh artis terkenal Meng Ziyi disini, kesannya agak aneh karena seperti seumuran dengan Guo Jing yang diperanin oleh aktor Ci Sha, karena muda banget penampilannya, sedangkan Guo Jing nga mirip usia ABG.

Secara keseluruhan, saya menganggap positif serial drama ini dan wajib untuk ditonton. Kesannya bagus.

2 Tokoh yang Original Drama

Dari daftar pemeran, ada beberapa nama tokoh baru yang tidak saya ingat ada di novel, seperti Xu Zhu, Dan Min, Yi Huo, dll. Mereka harusnya adalah tokoh original yang dibuat sutradara untuk adaptasi serial drama kali ini. Tidak tahu mereka adalah tokoh apa dan seperti apa cerita dan latar belakang mereka. Ada 2 orang yang bahkan posternya beredar sebelum penayangan drama, seolah seperti tokoh penting, mereka adalah:

Yi Huo

Dan Min

Yi Huo (diperanin oleh Hani Kezi) muncul pada cerita "Southern Emperor and Northern Beggar", dan Dan Min (diperanin oleh Luo Qiu Yun) muncul pada cerita "Eastern Heretic and Western Venom". Kita tunggu saja apa peran mereka dalam cerita. Jadi teringat adaptasi LOCH zaman dulu (saya lupa tahun berapa), yang ada istri dari pengemis utara Hong Qigong muncul.

Untuk Galeri dan gambar drama bisa ke Galeri poster The Legend of Heroes 2024

Trailer

Untuk Trailernya ada beberapa buah video, berikut beberapa di antaranya:






Next Post Previous Post
2 Comments
  • ginkang
    ginkang 17 Juni 2024 pukul 22.43

    Setelah nonton episode 1 dan 2, kesannya belum gitu menyayat kalbu saya. Saya termasuk doyan kisah awal2 guojing di mongol beserta serba-serbinya yang di serial 2017. Pengen nikmatin lagi kisah tsb di versi 2024 ini, tapi sayangnya kayaknya kenikmatan tsb kagak bisa diperoleh pada versi 2024 ini.

    Kutip kalimat admin:
    Ada yang lucu pada si kelelawar buta Ke Zhen'e (guru pertama) di versi 2024 ini, dia memberikan nasihat kepada Guo Jing sebelum berangkat ke Jiangnan, nasihatnya adalah: "Jika tidak bisa mengalahkan musuh, Kabur!".

    Respon saya:
    Kalo di novel: yang kasih nasihat tsb ke guojing adalah Lam Hie Hin (guru ke-4): "Jika tidak ungkulan, menyingkir (kabur / lari)!".

  • ginkang
    ginkang 17 Juni 2024 pukul 22.56

    Untuk theme music di versi 2024 ini, kayaknya gak bakalan "nongol" musik khas-nya LOTCH. It's ok sih. Semoga theme music 2024 ini bisa jadi ikonik juga, walaupun mungkin gak bisa melegenda kayak theme music LOTCH yang sudah khas musiknya.

Add Comment
comment url